Steve Jobs merupakan sosok
inovator yang memiliki visi dan kreativitas yang hebat. Produk-produk dari
Apple terbaru selalu ditunggu oleh jutaan konsumen setia mereka, sehingga
setiap peluncuran produk terbaru mereka selalu terlihat fenomenal. Dari orang
yang tersingkir dari perusahaan Apple yang didirikannya, sampai akhirnya
kembali menjadi petinggi Apple, Steve Jobs menunjukkan sikap pantang menyerah
dan melihat sesuatu dengan kaca mata berpikir postif. Kisah tentang terobosannya disuling menjadi 7
prinsip yang memandu Steve Jobs menghasilkan inovasi-inovasi terhebat.
7 Prinsip Inovasi Steve Jobs:
·
Prinsip 1: “Lakukan Apa yang Anda Cintai”. Seumur
hidupnya, Steve Jobs telah mengikuti kata hatinya, dan hal itu telah membuat
perbedaan besar. Berpikirlah secara berbeda tentang karier Anda.
· Prinsip 2: “Tinggalkan
jejak di Alam Semesta”. Jobs memikat orang-orang yang berpikir seperti
dirinya, yang berbagi visi dengannya, dan yang membantu mewujudkan ide-idenya
menjadi inovasi-inovasi yang mengubah dunia. Semangat adalah bahan bakar roket
Apple, dan visi Jobs menciptaknnya tujuannya. Berpikirlah secara berbeda
tentang visi Anda.
· Prinsip 3: ” Nyalakan Otak Anda”. Inovasi tidak
akan terwujud tanpa kreativitas, dan bagi Steve Jobs, kreativitas adalah wujud
dari terhubungnya banyak hal. Jobs percaya bahwa seperangkat pengalaman yang
lengkap dapat memperluas pemahaman kita terhadap pengalaman manusia.
Berpikirlah secara berbeda tentang cara berpikir Anda.
· Prinsip 4: “Jual
Mimpi, Bukan Produk”. Bagi Jobs, orang-orang yang membeli produk Apple
bukanlah “konsumen”. Mereka adalah orang-orang yang memiliki mimpi, harapan,
dan ambisi. Jobs menciptakan produk-produk untuk membantu mereka mewujudkan
mimpi mereka. Berpikirlah secara berbeda tentang konsumen Anda.
· Prinsip 5: “Katakan
Tidak Terhadap 1000 Benda”. Kesederhanaan adalah kecanggihan yang utama,
begitu menurut Jobs. Dari desain iPod sampai iPhone, dari kemasan produk-produk
Apple sampai fungsionalitas situs Apple, inovasi berarti menghapuskan yang
tidak penting sehingga yang penting dapat berbicara. Berpikirlah secara berbeda
tentang desain Anda.
· Prinsip 6: “Ciptakan Pengalaman yang Benar-benar
Mencengangkan”. Jobs telah menciptakan Apple Store sebagai standar emas
dalam pelayanan pelanggan. Apple Store telah menjadi peritel terbaik di dunia.
Tempat itu memperkenalkan inovasi-inovasi sederhana yang dapat diadopsi oleh
oleh bisnis lain untuk membuat hubungan yang mendalam dan abadi dengan para
pelanggannya. Berpikirlah secara berbeda tentang brand experince Anda.
· Prinsip 7: “Kuasai Pesan Anda”. Jobs adalah
pendongeng unggul perusahaan, yang mengubah peluncuran produk menjadi suatu
karya seni. Anda dapat memiliki ide paling inovatif di dunia, teapi jika Anda
tidak dapat membuat orang lain bersemangat mengenai hal itu, maka inovasi Anda
tidak berarti. Berpikirlah secara berbeda tentang cerita Anda.
Sumber: Buku “Rahasia Presentasi Steve Jobs. Penulis : Carmine Gallo.
Penerbit Esensi (Erlangga Group)
Comments
Post a Comment