Skip to main content

Bayar Hutang Kita Secepatnya

Sekedar  berbagi untuk renungan....

Sudah Mau Perang Masih Punya Utang?
Waspada, dosa selain syirik bisa saja Allah ampuni nakun hutang tidak diampuni meski engkau syahid dalam fisabilillah.
TIPS N TRIK INSPIRATIF BAYAR UTANG
Pertama, harus tau penyebab utang, mengkategorikan diri dan baru mempelajari solusinya. Seorang muslim bisa berutang disebabkan oleh beberapa hal:
1) Lalai, mengira dunia akan lama padahal akhirat itu lbh dekat dari yang kita bayangkan.
2) Maksiat, hingga Allah mengazabnya dengan jeratan utang.
3) Gaya hidup, atau mind-set yang salah. Mereka berfikir bahwa pemilik credit card platinum itu keren. Atau senang dengan mobil seri terbaru meskipun kridit. Senang, nyaman dan bangga dirumah megah meskipun kredit 30 tahun lagi.
4) Bisnis, lebih baik banyak utang tapi produktif daripada tidak ada utang dan tidak ngapa-ngapain. Ini korban peradaban moderen yang membius generasi muda untuk kaya.
5) Professi, professinya memang pengutang. Minjam uang saat ada kesempatan, dan bayar utang dari hasil ngutang.
6) Kebutuhan, terdesak kebutuhan akibat pola hidup malas dan konsumtif.
7) Malas dan konstif.
Solusinya adalah dengan mengubah cara pandang dan mulai berniat untuk melunasi utang. Karena kalau tetap dalam mindset awal, maka tahun depan utang anda semakin besar dan keturunan anda akan menanggung akibatnya.
Kedua, berniat dan bertekad untuk bayar utang dengan diawali do'a yang baik. Misal, "Ya rabb: jangan matikan jiwa hamba sebelum hamba mampu bayar utang". Atau, "Ya rabb hamba ingin syahid dijalanmu maka mampukan hamba untuk bayar utang". Atau yang lebih jujur; "Ya rabb hamba ini banyak maksiat ampunilah dosa hamba agar maksiat hamba berkurang dan otomatis kesulitan (utang) hamba berkurang. Ingat, maksiat adalah sebab seluruh kesulitan dan maksiat terbesar itu syirik diikuti 10 dosa besar lain dan dosa-dosa kecil yang jadi rutinitas + dosa yang direncanakan.
Ketiga, mulai beraksi dengan langkah cerdas. Jadi mulailah bekerja cerdas bukan bekerja keras.
Padamkan ketakutan akan kemiskinan, karena ada 90 ayat yg menjamin rezeki hamba Allah dan hanya 1 ayat yg menerangkan dimana syaitan akan menakuti kita dengan sedikit rasa lapar.
Bagaimana cara bekerja cerdas?
Mikir pakai otak kanan dan kiri, sesuaikan dengan Al Qur'an dan sunnah. Misalnya saja, ketika Allah akan balas sedekah kita dengan 700kali bahkan lebih maka lihatlah uang sisa makan antm dan keluarga hari ini. Sedekahkan.. semakin besar utang antum semakin besarnsedekah antm. Ingat rasul gelisah saat shalat karena ada emas yg blm disedekahkan, lalu ia tergesa selesai shalat tanpa dzikir untuk segera menyedekahkan emas itu.
Jadi sedekah!!!
Jangan bakhil. Kalau antm belum tau betapa luasnya bumi Allah, maka salah satu caranya adalah dengan naik pesawat dan duduk disamping jendela dan lihat. Pulau jawa itu luas.
Keempat, komunikasi sama yang diutangin. Jangan lari kayak ketemu mantan pacar. Temui dia, minimal balas sms-nya. Silaturahim dan minta do'anya. Karena do'a orang yang terdzalimi itu di kabulkan..
Kelima, fokus. Karena perbedaan orang yang mampu lepas daei jeratan utang dan yang masih hutangers itu letak perbedaannya adalah pada fokus. Sama, penyakitnya dengan orang-jomblo menahun atau mereka yang gagal faham tentang makna-makna indah dan sunmah-sunnah yang menggoda dalam pernikahan yaitu fokus. Mereka gagal fokus. Jadi setiap dapat uang lebih segera ingat Allah dan ingat utang, jangan-jangan Allah mulai mengabulkan doanya dengan cicilan kelebihan uang ini. Dan sebentar lagi akan menggenapkan sejumlah yg menjadi beban kita.
Jadi saat ada uang, atau saat uang itu mulai ada. Jangan ingat merek samsung yang paling baru atau buka website apple dot com tapi langsung ingat senyum wajah orang baik yang membantu saat kita kejepit dlu.
Keenam, ingat mati. Ingat kalau kita mati dan masih dalam keadaan berhutang maka kita tdk akan masuk syurga sebelum bayar utang dengan amal kita. Daripada ditagih diakhirat mending bangkit dan usaha di dunia. Dunia itu luas akhi...
Bahkan jika kita syahid sekalipun, Ruh kita akan ditahan ditenda biru disamping syurga (diluarnya) dan kita dapat makanan pagi dan sore dari syurga. Hingga kiamat. Jadi jangan tergesa untuk syahid karena lari dari utang.
Karena tak satu pun tempat di dunia yang aman dari intaian utang.
Jika dalam satu bulan belum lunas, maka cek lagi, apa antum sudah menetapkan target. Maka mulailah buat target..
Jika dalam bulan kedua belum lunas, artinya antm belum benar-benar bersedekah. Belajarlah sama ahli sedekah dan tanyakan keajaiban yang ia alami tentang sedekah..
Sedekahlah..
Sedekahlah...
Dan sedekah itu tidak hanya dengan harta, namun ilmu, fikiran, waktu-berharga dan seluruh jalanan hidup yang engkau jual untuk Allah.
Semoga Allah melapangkan dada antm untuk terima nasihat ini jingga mendapatkan hikmah dan mulai bergerak untuk memulai sedekah. Hari ini..
Point 7, jangan bayar utang dengan uang haram atau bahkan riba.
Point 8, jual jiwa dan raga dan seluruh waktu kita untuk fisabilillah. Maka Allah akan membelinya dengan cepat tanpa kita bayangkan sebelumnya!!!
Point 9, 10, 11 dan seterusnya...
Seluruh kesulitan itu diawali dari penyimpangan terhadap syariat; maksiat, yang membuat qalbu jadi gelap. Dunia ini luas dan Allah ciptakan sangat cukup bahkan lebih dan tak akan habis-habisnya. Namun Allah melapangkan sesiapa yang ia kehendaki dan sebaliknya.
Sekarang bersedihlah, karena siapapun yang berhutang pantas bersedih. Didunia atau diakhirat.
Setelah bersedih, maka bertanyalah tentang siapa yang membisiki kita untuk jatuh hati pada dunia dan seluruh ambisinya. Mereka adalah musuh-musuh Allah dikalangan jin dan manusia. Kebanyakan ahli ilmu hitam yang bersekutu atau pernah bersekutu dengan syaitan dikalangan bangsa jin itu dililit utang, atau stagnan dalam satu kondisi selama bertahun-tahun. Maka bertaubatlah dan ikuti pelatihan ruqyah syariyyah yang didalamnya terdapat materi tauhid dan tazkiyyah an nafs. Agar jiwa kita kembali pada fitrahnya yang semangat untuk menggapai kesuksesan akhirat; sebuah negeri yang kekal selamanya.
Jika antum masih diluar negeri meninggalkan anak istri atau suami untuk bayar utang, maka itu bohong. Pulanglah dan hijrahlah, semoga Allah mudahkan.
Jika antum masih bermaksiat kepada Allah maka hentikanlah sekecil apapun itu, karena Allah maha menghinakan dan maha memuliakan.
Takutlah kepada Allah dan mintalah kepadanya.
Sungguh dia maha mengabulkan, termasuk mampu melunasi setiap utang dan kesulitan dalam sekejap mata. Allahuakbar..


sumber artikel: https://www.facebook.com/nai.rehabhati/posts/420916851420677
sumber gambar:  https://mansarpost.files.wordpress.com/2014/10/wpid-hutang-halang-masuk-surga_20141020_050245.jpg?w=645



Comments

Popular posts from this blog

IKHTIAR POSITIF ATAU IKHTIAR NEGATIF?

Suatu kesuksesan tidak akan diraih tanpa ikhtiar/usaha. Usaha dapat berupa wujud konkrit atau nyata seperti bekerja. Ikhtiar juga dapat berupa doa dan ibadah yang kita lakukan dengan maksud memohon pertolongan-Nya. Banyak orang yang ketika memiliki keinginan atau menginginkan kesuksesan dengan cara yang melanggar hukum agama. Mereka datang ke "orang pintar" agar diberi bacaan-bacaan, jimat, penglaris dan lain sebagainya agar usaha mereka lancar. Bahkan ada yang puasa sampai 40 hari berturut-turut, bersemedi di gua atau gunung dan melakukan ritual-ritual yang aneh guna mendapat kesuksesan. Dan setelah melakukan kesemuanya itu mereka merasa urusan mereka menjadi lancar, usaha mereka maju, dagangan mereka laris dan lain sebaginya. Padahal Islam telah mengajarkan melalui nabi Muhammad SAW berbagai amalan ibadah untuk meraih kebahagian baik di dunia maupun di akhirat. Supaya rezeki lancar dan hajat terwujud kita dianjurkan Shalat Dhuha minimal 2 rakaat setiap hari dan shal

Wahai Para Penunda

Anda sedang mengejar impian Anda? Wah…selamat! Anda setidaknya sudah memiliki   tujuan hidup. Semoga ada nilai ibadah di dalam impian Anda sehingga Anda akan semakin mulia. Saya ingin punya   sebuah rumah yang besar dan nyaman di mana saya akan menjadikan rumah saya   sebuah “sekolah “ yang mendidik anak-anak saya dengan teladan agama. insya Allah ini adalah impian yang bernilai ibadah di bandingkan dengan keinginan memiliki rumah agar bisa membanggakannya di hadapan orang lain. Namun perjalanan meraih impian ini rupanya diikuti oleh penyusup, yang memperlambat kita sampai ketujuan kita bahkan membuat kita GAGAL. Na’udzubillah. Siapakah penyusup itu? Dia bukan orang lain…..tetapi rupanya DIRI KITA SENDIRI. kita tidak bisa dan tidak boleh menyalahkan orang lain alias mencari kambing hitam atas lambat atau gagalnya pencapaian impian kita. Apalagi menyalahkan Allah yang maha kaya - ini mah kebangetan! Apa yang ada di benak Anda kalau ada yang berkata “ Saya akan mengerjakannya…. be

MENYONTEK SAMA DENGAN KORUPSI

Detik-detik Ujian Sekolah dan Ujian Nasional akan segera tiba bagi siswa yang duduk di kelas VI , IX , dan XII. Ada yang sangat mempersiapkan diri dan mental mereka untuk menghadapi pertemuan ini, ada yang setengah siap, dan ada yang tidak peduli dengan hal ini. Kalau kita mendeskripsikan ke 3 macam siswa ini, kita dapatkan: 1. Siswa yang sangat siap      Siswa yang memikirkan masa depannya, tujuannya, visinya, dan impiannya. Kesiapannya membuat ia percaya diri, optimis, dan tidak mau menyia-nyiakan waktunya. Namun kesiapan ini hendaknya diikuti oleh sikap tAwakal kepada Allah SWT, karena keberhasilan atau kegagalan kita atas kehendak-Nya. Bertawakal artinya berserah diri setelah melakukan usaha secara maksimal. Insya Allah siswa yang sangat siap akan mendapatkan nilai yang bagus. 2. Siswa yang setengah siap      Siswa yang juga memikirkan masa depannya, visinya, dan impiannya namun masih memiliki keraguan akan keberhasilan karena persiapan yang kurang. Persiapn yang kurang ini